Senin, 24 April 2017

Cara Menjalankan File HTML

Hai semua, apa kabar?  pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan turorial yang kemarin. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara bagaimana menjalankan File HTML !! Sebelumnya, untuk memudahkan kamu dalam mengakses file, sebaiknya kamu buat terlebih dahulu sebuah folder dengan nama “ BelajarHTML” di Drive D atau E. Karena pada folder inilah yang nantinya akan kita jadikan sebagai tempat untuk menyimpan seluruh halaman HTML yang akan dibuat.

Cara Menjalankan File HTML

Selanjutnya, silahkan kamu buka aplikasi editornya, seperti Notepad++ dll, Disini saya menggunakan text editor Sublime. lalu, kamu ketikan text berikut ini:

Selamat Pagi Dunia, Hello World!


Cara Menjalankan File HTML

Kemudian kamu save dengan nama latihanpertama.html pada folder BelajarHTML. Setelah itu silahkan kamu jalankan file latihanpertama.html yang telah kamu buat tersebut dengan cara double klik pada file tersebut, atau kamu juga bisa membukanya dengan cara klik kanan –> Open With –> Google Chrome (jika kamu menggunakan web browser Google Chrome)

Selesai sudah file HTML yang kamu buat. Walaupun sebenarnya disini kita belum menggunakan satupun kode atau syntax HTML didalamnya.

Dengan percobaan ini, kita mengetahui bahwa setiap halaman atau file HTML harus diakhiri dengan extensi .html

Mungkin hanya ini saja untuk tutorial cara menjalankan file HTML dari komputer lokal kamu. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.