Senin, 28 Agustus 2017

Cara mengatasi keylogger pada komputer

Anggikhalid.com - Hai sobat, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips mengenai Cara ampuh mengatasi keylogger. Pastinya sobat sudah pada tau kan apa itu Keylogger? Belum tau? oke, akan saya bahas sedikit.

Solusi mengatasi keylogger


Keylogger adalah sebuah aplikasi yang dapat merekam segala aktifitas pengguna komputer yang sudah menjadi korbannya. Keylogger berasal dari kata kerja " log ". Sedangkan orang yang melakukan aktifitas log ini disebut sebagai “ logger ". Sedangkan arti kata “ logging ” adalah istilah untuk kegiatan “ merekam ” aktifitas log-nya tersebut.

Gimana? sudah sedikit paham mengenai Apa itu Keylogger? Jika sudah, silahkan simak Artikel ini sampai selesai.

Berikut ini saya akan memberikan sebuah tips khusus bagi sobat yang suka online di luar rumah baik itu di warnet, Komputer teman,  ataupun tempat umum lainnya.

Mengapa saya katakan tips ini khusus untuk sobat yang sering online bukan di PC ataupun Laptopnya sendiri?  Apalagi bagi sobat yang suka online di warnet.

Hal ini dikarenakan kebanyakan warnet - warnet sekarang sudah banyak yang menggunakan keylogger ini untuk disalahgunakan. Karena keylogger mampu merekam ketikan password saat sobat login akun Sosial Media, bisa saja operator warnetnya berniat untuk mengusili baik itu akun Facebook, Gmail dan akun sobat lainnya. Dan biasanya yang sering terjadi adalah pengambilan akun Game Online.


Oleh karena itu, alangkah baiknya bila sobat mengetahui bagaimana cara mengatasi keylogger ini, berikut penjelasannya.

Keylogger memiliki tiga fungsi utama, yaitu

  1. Memonitoring
    Keylogger dapat memonitoring segala aktifitas yang sobat lakukan mulai saat aplikasi ini diaktifkan oleh si pelaku.
  2. Merekam
    Yang dimaksud merekan disini yaitu, keylogger mampu merekam baik itu tampilan layar maupun rekaman ketikan pada keyboard.  Misalnya saja pada saat sobat ingin login ke akun facebook misalnya, maka saat sobat mengetikan Email dan Password, maka keylogger tersebut akan merekam ketikan pada keyboard.
  3. Mengirim
    Setelah selesai merekam, kemudian Keylogger akan menyimpan data hasil rekaman tersebut ke sebuah file yang mana hanya sipelaku sendiri yang mengetahuinya dan kemudian akan langsung mengirim semua data yang sudah direkam tersebut ke e-mail si pelaku secara otomatis.

Setelah sobat mengetahui cara kerja keylogger, bagaimana pendapat sobat? bahaya bukan? Oleh karena itu disini saya akan memberikan Tips cara mengatasi keylogger dibawah ini.

Cara mengatasi keylogger

Dari ke tiga fungsi keylogger diatas yang harus diwaspadai adalah fungsi dari merekam ketikan keyboard.

Kenapa saya katakan fungsi ini yang harus diwaspadai?  karena, bila keylogger merekam segala aktivitas sobat, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Yang menjadi masalahnya adalah bila keylogger tersebut merekam semua ketikan keyboard sobat.


Pastinya sobat tidak menginginkan hal ini bukan? karena jika sobat sedang browsing dan membuka akun sosmed seperti facebook, twitter dll maka passwordnya juga akan ikut terekam,

Lalu bagaimana cara agar ketikan keyboard tidak terekam oleh keylogger?

Sebenarnya caranya mudah, dikarenakan keylogger hanya merekam semua ketikan yang berasal dari keyboard berarti solusinya hanya satu, yaitu sobat hanya perlu mengetik tanpa menggunakan keyboard.

Lahh .. gimana donk? tenang kok, sebenarnya Microsoft Windows sendiri sudah menyiapkan fitur ini sendiri, namun banyak orang yang tidak mengatahui fungsinya. Fitur bawaan ini bernama ON-SCREEN KEYBOARD.

Untuk menggunakannya sobat bisa membukanya dengan cara :
  • Windows 7
    Klik menu Start -> all programs -> Accessories -> Easy to access -> On-screen keyboard

  • Windows 8
    Klik menu Start kemudian ketikan On-screen keyboard.

  • Windows 10
    Klik menu Start kemudian ketikan On-screen keyboard.


Bila sudah terbuka, maka akan muncul gambar virtual keyboard dan silahkan sobat ketik dengan cara meng-klik huruf yang ada pada layar.

Dengan menggunakan cara ini, maka ketikan sobat tidak akan terbaca oleh keylogger karena sobat tidak mengetik dari keyboard melainkan keyboard virtual.

Sekian untuk artikel Cara mengatasi keylogger ini, semoga sobat menjadi lebih berhati - hati lagi dalam menggunakan barang umum. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

18 komentar

  1. Terima kasih gan., Ane pelajari pelan-pelan ya..

    BalasHapus
  2. wah makasih bgt gan infonya oya jenis2 keylogger itu ada apa ja yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 jenis sob, ada yg software maupun hardware. dan setiap jenis ada bnyak versi.

      Hapus
  3. Bermanfaat gan, sekalian ane mau tanya, kenapa ya setiap ane nambah folder baru terdapat notifikasi try again configxxxxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan pake software? untuk software sendiri ada bnyak jenis gan, tergantung agan pake aplikasi yang mana. dan setiap aplikasi beda" config / settingannya.

      mungkin kalo ada kendala bisa googling aja sesuai dengan nama aplikasinya.

      Hapus
  4. Ane malah baru tau ternyata dari Windows sudah menyiapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, masih banyak juga org yang nggak merhatiin fitur ini. :)

      Hapus
  5. Terimakasih informasinya gan. Jadi bisa lebih hati hati

    BalasHapus
  6. waduh bahaya juga ya kalau kena harus lebih berhati-hati, makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, wajib waspada terutama pas online di warnet.

      Hapus
  7. dulu pernah ane kena keylogger , char ane hilang. ternyata caranya biar terhindar dari keylog gini doang ya. telat gue taunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. op warnet memang sering cari mangsa :( apalagi char yang full cash :(

      Hapus
  8. waduh saya baru ngeuh,,,
    makasih utk plajarannya gan!

    BalasHapus
  9. baru tau kalau pake keyboard on screen bisa nggak kedetek gan, trus biar tau ada keylogger di sebuah komputer gimana ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau keylogger berjenis hardware biasanya dia berbentuk seperti Flashdisk dan sebagai penyambung usb keyboard ke cpu. jadi coba agan lihat sambungan usb keyboard, apakah langsung nancap ke cpu atau ada semacam usb penghubung lagi, kalau ada itu brati keyloggernya.

      Sedangkan untuk keylogger jenis software sendiri itu tidak bisa kita deteksi, kecuali kita menginstall antivirus pro yg update. Sedangkan pada saat diwarnet kita hanya bisa menggunakan saja, karena ada sebagian warnet yg tidak membolehkan kita menginstall aplikasi apapun. jadi intinya ya harus hati" aja kalo dirasa mencurigakan gunakan saja fitur Keyboard on Screen biar lebih aman.

      Hapus