Sabtu, 22 April 2017

Memilih aplikasi editor

Hai semua, pada tutorial ketiga ini saya akan membahas apa itu aplikasi editor, dan apa - apa saja aplikasi editor pada html. Oke langsung saja

Memilih Aplikasi Editor

Memilih aplikasi editor untuk HTML sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Aplikasi editor berfungsi untuk mempermudah kamu membuat kode - kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya hanyalah text biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus dan kemudian Web Browser-lah yang menerjemahkan kode-kode HTML tersebut menjadi sebuah tampilan halaman website.

Memilih aplikasi editor

Untuk membuat kode HTML maupun halaman website yang sederhana, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi editor yang besar dan berat cukup dengan aplikasi Notepad bawaan Windows untuk membuat kode HTML. Namun pada tutorial belajar HTML ini disini saya menggunakan aplikasi editor Sublime Text 3.

Bagaimana Dengan Dreamweaver

Aplikasi editor Adobe Dreamweaver merupakan salah satu aplikasi web editor yang juga termasuk salah satu paling populer saat ini. karena Dreamweaver menyediakan banyak fitur melimpah untuk sekedar membuat halaman website dengan kode HTML. Dreamwever juga tidak hanya sebuah text editor untuk HTML saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai bahasa pemograman web lainnya seperti PHP, JavaSript dll.

Dibalik keunggulannya tersebut, menurut saya Dreamweaver sangat tidak cocok dalam proses belajar. Karena aplikasi ini cenderung ‘berat’ dan belum lagi dengan harganya yang jutaan rupiah untuk versi legalnya. Dreamweaver lebih cocok digunakan jika kamu telah memahami kode-kode dasar dari setiap bahasa pemograman.

Tetapi apapun text editor yang kamu gunakan, hal ini tidak masalah. Karena selama aplikasi text editor itu bisa menulis dan menyimpan text, maka aplikasi tersebut sudah lebih dari cukup sebagai aplikasi editor HTML.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi text editor yang sering digunakan :
Notepad++ , Komodo Edit , Atom , Net Beans dll. 

Mungkin sekian untuk artikel kali ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya