Rabu, 02 Agustus 2017

Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google

Anggi Abdul Khalid : Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google - Hai sobat, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai agar blog cepat di index google. Jika sobat membuat sebuah blog baru dan ingin agar blognya muncul di mesin pencari google supaya bisa dilihat oleh banyak orang, maka blog sobat haruslah di index kepada mesin pencari misalnya seperti google, bing, yahoo, yandex dan lainnya.

Cara Agar Blog Cepat Terindex Google

Tapi.. pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas agar blog di index google saja. kenapa google ? karena :

  • Google adalah mesin pencari yang paling populer dan memiliki pengguna terbanyak setiap harinya. Hal ini karena orang mencari sesuatu ( googling ) melalui google. 
  • Terindex oleh google lebih mudah daripada mesin pencari lainnya.

Jika sobat mempunyai blog yang baru dibuat, maka sangat dianjurkan untuk memprioritaskan blognya agar mengindex blog sobat tersebut ke google. Hal ini wajib dilakukan karena pengguna mesin pencari google sangat banyak sehingga blog sobat akan memiliki peluang untuk memiliki visitor / pengunjung yang banyak juga.

Oke, langsung saja, mungkin Cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan blogger lainnya. Namun, tidak semua dari mereka yang mendalaminya, sehingga masih saja banyak blogger yang selalu bertanya " kenapa blog / artikel yang telah di publish belum juga terindex oleh google? ".

Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google

  1. Membuat Blog
    Sebelumnya, Untuk melakukan index google, pastinya sobat sudah membuat blog dengan URL / Alamat blog yang sobat inginkan. Setelah selesai membuat blog, sobat harus menambahkan URL blog sobat ke google console terlebih dahulu agar tersubmit. Yang nantinya google akan merayapi blog sobat agar masuk ke index mereka agar blog sobat terindex dan tampil di mesin pencari google.
  2. Ubah menjadi domain TLD
    Setelah blog baru selesai dibuat. Akan tetapi url blog baru sobat masih menggunakan subdomain bawaan dari blogspot. Memang dengan menggunakan subdomain ini sobat tidak perlu mengeluarkan biaya, tapi jika sobat ingin serius menggeluti dunia blogging tidak ada salahnya untuk upgrage ke domain TLD.

    Mungkin bagi sebagian blogger pemula, lebih memilih menggunakan subdomain bawaan blogspot daripada menggunakan Top Level Domain. Namun, Jika sobat berfikir untuk jangka panjang, maka saran saya, pilihlah Top Level Domain. Karena jika sewaktu-waktu blog sobat sudah memiliki banyak pengunjung / visitor dan sobat masih menggunakan subdomain bawaan lalu ingin mengganti ke domain TLD maka hal ini tentunya akan merugikan sobat. 

    Hal ini tentu akan membuat rank dan index blog sobat yang ada di google akan menurun. Maka dari itu sangat dianjurkan agar sobat memasang domain TLD pada blog baru sobat agar index google tidak sia-sia sehingga sobat tidak perlu bekerja dua kali nantinya.

    Selain itu domain TLD juga terlihat lebih profesional dan mudah di index oleh google. Karena di mata google domain TLD akan lebih diprioritaskan sehingga cepat untuk dirayapi.
  3. Daftarkan blog ke webmaster tools
    Webmaster tools merupakan layanan dari google untuk membantu sobat dalam memantau blog setiap saat. Di webmaster sobat bisa melakukan pengamatan mengenai blog sobat sehingga sobat bisa melakukan optimasi mesin pencari. Pada webmaster tools, terdapat beberapa menu yang bisa sobat gunakan untuk membantu agar blog terdeteksi dan menempati halaman teratas pada google. Antara lain yaitu :

    Tampilan Penelusuran Untuk menampilkan data blog secara terstruktur, penyorotan data dan penyempurnaan html.

    Lalu lintas penelusuran Yaitu untuk menganalisa penulusuran seperti analytics dan tautan internal yang menuju situs blog.

    Google indeks Berguna untuk memantau alamat blog yang terindex, penghapusan url, dan tautan yang diblokir oleh google.

    Perayapan Berfungsi untuk melihat kesalahan dan statistik pada perayapan, penguji robot.txt, peta situs  dan juga parameter perayapan.
  4. Submit url dan sitemap
    Cara ini memang sudah menjadi hal utama bagi para blogger. Artikel yang terpublish nantinya akan di telusuri google setelah sobat men-submit alamat url-nya. Usahakan buatlah artikel dengan konsisten, meskipun tidak banyak tetapi stabil. Misalnya sobat bisa membuat artikel tiga hari sekali atau dua hari sekali.

    Kemudian tambahkan sitemap untuk di submit. Pada langkah ini sobat harus masuk ke webmaster tools terlebih dahulu dan kemudian klik menu perayapan dan klik peta situs. Kemudian sobat tambahkan sitemap blog sobat dengan cara ketik sitemap.xml atau bisa juga atom.xml setelah http://contohblog.com/. maka hasilnya akan seperti ini : http://www.anggikhalid.com/sitemap.xml

  5. Ping google dan fetch as google
    Pada langkah ini, kita akan mempercepat blog agar terindex ke google. Cara ini memang akan membuat google untuk memprioritaskan agar blog sobat cepat terdeteksi.

    Ping google sendiri adalah cara untuk memberitahu google bahwa terdapat url yang harus dirayapi google pada blog sobat.

    Sedangkan fetch as google yaitu agar blog sobat cepat muncul di halaman google baik itu di desktop maupun mobile. Jadi, sobat bisa melakukan fetch as google ini melalui webmaster tools.
Mungkin itu saja untuk artikel Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google ini, semoga hal ini bermanfaat bagi sobat yang baru membuat blog dan sampai jumpa pada arikel selanjutnya.

20 komentar

  1. Yang nmr 5 masih kurang ngerti gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh baca dengan teliti dan dipahami sob, soal nya disitu sudah jelas kok dibilang Ping ke google dan juga fetch as google :)

      Hapus
  2. artikel bermanfaat untuk pemula (Y)

    BalasHapus
  3. syarat ke 5 kayaknya terlupakan ini
    thank infonya

    BalasHapus
  4. saya sudah mengikuti step diatas, thanks tutorialnya gan

    BalasHapus
  5. mantap gan, tnggal upgrade jadi TLD aja nih tx ya

    BalasHapus
  6. Makasih banyak artikel nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat sekali. Thanks.

    BalasHapus
  8. kalau saya, biasanya pake webmaster. tpi keren tipsnya

    BalasHapus
  9. Lengkap sekali mas, cuma kadang pada males aja tuh submit sna sini.. cita2nya sih ppengen dapet bbanyak pengunjung tapi males submit sana sii=ni hahaha cuma impian kali yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak ada yg instan gan :) butuh kerja keras submit satu persatu.

      Hapus
  10. Mantap gan infonya , sekarang tinggal ikutin aatu demi satu maklum masih newbie

    BalasHapus