Sabtu, 19 Agustus 2017

Cara Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop

Anggikhalid.com : Bagaimana cara mengatasi bunyi beep terus-menerus pada laptop?

Dikarenakan saya juga berprofesi sebagai teknisi freelance, oleh karena itu, belum lama ini ada seorang client saya yang mengalami masalah pada laptopnya. permasalahannya yaitu, pada saat laptop dinyalakan maka laptop tersebut mengeluarkan bunyi beeb yang panjang dan tidak mau berhenti.

bagaimana Cara Mengatasi Bunyi Beep terus menerus


Bunyi beeb tersebut terus berbunyi mulai saat proses booting pada laptop. mungkin bunyinya seperti ini " tut tut ".

Untuk permasalahan ini, sebenarnya apa yang terjadi pada laptop tersebut? dan kenapa hal ini bisa terjadi? Untuk menyelesaikan masalah ini silahkan sobat simak artikel ini.


Cara Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop



Bunyi beep pendek terus menerus

Artinya ada permasalahan pada power supply atau tegangan listrik yang masuk ke laptop sobat.

Solusinya :
  • Silakan sobat cek charger atau sumber arus listrik dan pastikan sobat terhubung ke listrik yang stabil. 
  • Pastikan pula jack chargernya sudah terpasang dengan benar. 
  • Periksa pula apakah baterai sobat sudah terpasang dengan benar.

Jika dengan cara diatas belum berhasil juga, maka berarti sobat harus membongkarnya untuk mengecek lebih lanjut. namun, jika sobat tidak mengerti dalam masalah bongkar membongkar, silahkan sobat bawa ke tempat service laptop.


Bunyi beep pendek dua kali

Artinya, hal ini disebabkan karena adanya permasalahan pada settingan CMOS laptop sobat.

Solusinya :
  • Silahkan sobat buka link berikut Link1 untuk mendapatkan solusi untuk settingan CMOS ini.


Bunyi beep pendek satu kali

Artinya ini menunjukan bahwa laptop sobat dalam keadaan normal. Tidak ada permasalahan dalam kasus ini.

Bunyi beep pendek satu kali ini biasanya terjadi saat pertama kali kita melakukan proses booting pada laptop (Proses saat laptop dihidupkan).

Jika hal ini yang terjadi, artinya motherboard sudah mendeteksi keberadaan RAM pada laptop sobat dalam kondisi yang normal. Oleh karena itu bunyi ini merupakan bunyi yang normal/wajar.

Namun, perlu sobat ketahui bahwa terkadang banyak laptop masa kini sudah jarang bahkan sama sekali tidak pernah lagi kita mendengar bunyi beep satu kali seperti ini. Oleh karena itu, bila laptop sobat tidak mengeluarkan bunyi beeb 1 kali ini, maka jangan khawatir karena hal ini normal dan tandanya tidak ada kerusakan pada laptop sobat.


Bunyi beep panjang terus menerus

Artinya ada masalah yang terjadi dengan RAM laptop sobat. Solusi pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan membuka dan mengambil RAM dari belakang laptop dan kemudian bersihkan RAM tersebut dengan penghapus karet atau dengan kertas.

Bersihkan juga dengan menggunakan kompresor untuk membuang debu yang berada baik di RAM, slot RAM, maupun debu yang ada di dalam laptop.

Kemudian silahkan sobat pasang kembali RAM nya dan setelah itu silahkan sobat nyalakan kembali laptopnya, dan lihat Apakah sudah berhasil?

Jika belum bisa juga, maka coba ubah slot penempatan RAM-nya.
Jika masih belum juga, coba sobat ganti RAM-nya dengan milik orang lain ataupun bisa juga menggunakan RAM yang baru.

Karena pada dasarnya RAM tidak bisa diservice. RAM hanya bisa sekali pakai, dan Ingat, RAM laptop itu berbeda dengan RAM yang ada di PC Desktop, Jadi pastikan sobat harus mencari ram yang sesuai dengan tipenya.


Bunyi beep panjang sekali, pendek sembilan kali

Artinya ada permasalahan pada ROM laptop sobat.

Solusinya :
  • Wajib dibawa ke tempat service. Tapi kerusakan ini sangat jarang ditemui kecuali laptop sobat sudah benar-benar rusak parah. dan harus segera dibawa ke tempat service.


Bunyi beep panjang sekali, pendek tiga kali

Artinya ada masalah yang terjadi pada keyboard laptop sobat. Bisa saja karena ada tuts yang rusak, atau mungkin hanya sekedar ada kotoran ataupun debu yang masuk ke dalam keyboard sobat sehingga membuat tombol menekan terus-menerus.

Untuk mngatasinya, silahkan sobat ikuti cara dibawah ini:

Jika Ada Tombol atau Tuts yang Rusak
Silahkan sobat periksa tombol yang ada pada keyboard satu persatu. apakah ada tombol yang rusak.
Jika ada bagian yang tidak berfungsi, Lepaskan bagian tersebut, kemudian bersihkan menggunakan kuas.

Jika Tidak Ada Tombol yang Rusak
Jika semua tut pada keyboard tidak ada yang bermaslaah, kemungkinan besar ada kotoran atau debu di dalam keyboard tersebut.

Jika iya, langsung saja sobat bersihkan keyboard dengan cara meniupnya menggunakan kompresor. Jika perlu, silahkan buka keyboard laptop sobat,kemudian semprot dengan kompresor, lalu bersihkan pin fleksibel keyboard dengan penghapus.


Bunyi beep panjang sekali, pendek dua kali

Artinya ada permasalahan pada monitor atau VGA laptop sobat. jika hal ini terjadi maka saya anjurkan sebaiknya segera bawa laptop tersebut ke tempat service.


Bunyi beep panjang sekali, pendek sekali

Artinya ada permasalahan pada motherboard laptop sobat. Jika kerusakan sudah sampai pada motherboard, sebaiknya langsung saja segera bawa ke tempat service.


Sementara itu, permasalahan bunyi yang dialami client saya adalah bunyi panjang sekali dan terus menerus. Artinya ada permasalahan pada RAM-nya dan sudah saya bersihkan dan berhasil.

sekian untuk solusi bunyi beep pada laptop terus-menerus saat dihidupkan. Semoga bermanfaat!