Selasa, 08 Agustus 2017

Manfaat dan keuntungan dari Ngeblog yang tidak disadari

Anggi Khalid - hai sobat, update lagi nih, kali ini saya akan memberikan sebuah info mengenai apa saja sih manfaat ngeblog bagi kita ? mungkin sobat sudah tidak asing lagi mendengar kata " NGEBLOG " !! jika sobat tidak tahu apa itu ngeblog, mending sobat googling dulu dengan si mbah google sana..

keuntungan dari Ngeblog


Nah, bila sobat sudah mengerti apa itu ngeblog, sekarang baru simak artikel Manfaat Ngeblog Yang mungkin Tidak Disadari ini.

Mungkin Tanpa kita sadari, ternyata ada banyak juga lho manfaat ngeblog untuk kita, apalagi untuk anak kuliahan. Nah bagi sobat yang masih pemula atau masih belum mengetahui mengenai dunia blogging, apa sih itu blog?

Oke, saya akan menjelaskan sedikit definisi dari blog. Blog adalah sebuah situs web yang memuat halaman baik berupa tulisan, gambar, atau sejenisnya yang kemudian dipublikasikan ke banyak orang melalui internet.


Bagi sobat yang sudah duluan terjun ke dunia blogging dan tiba-tiba malah berhenti menulis artikel dikarenakan putus asa atau jenuh karena ngeblog, Sebaiknya jangan berhenti dahulu sebelum sobat mengetahui ini.

Apakah sobat tidak pernah kepikiran sudah berapa lama waktu yang sobat habiskan dan biaya yang sobat keluarkan untuk ngeblog? Hal itu akan terasa sia-sia jika sobat berhenti ditengah jalan. Padahal dengan ngeblog sobat akan mendapatkan keuntungan yang diperoleh ketika ngeblog tanpa sobat disadari.

Berikut Manfaat dan keuntungan dari Ngeblog

  1. Mengerti HTML

    Sejak memulai membuat blog pastinya sobat akan mengenal HTML. Dalam upaya untuk menjadikan blog agar tampak lebih profesional, tentunya sobat pasti akan mempertimbangkan untuk mengganti template bawaan dari blogger dengan template yang premium ataupun yang dibagikan free alias gratis di situs penyedia template blog.

    Atau sobat bisa saja menggunakan template buatan sendiri ataupun dengan merombak template yang dibagikan secara free sesuai keinginan sobat. Misalnya hanya dengan merombak / mengubah HTML dan CSS nya saja.

    Dengan melakukan aktivitas ini, tanpa sobat sadari, sobat sudah bisa membuat dan memahami mengenai dasar-dasar dari HTML dan CSS. Hal ini dikarenakan mau tidak mau sobat pasti harus mengedit HTML dan CSS sedemikian rupa agar tampilan blog sesuai dengan harapan yang sobat inginkan.

    Terlebih lagi, jika dengan melakukan hal ini, maka sobat akan semakin penasaran dengan HTML dan CSS, sehingga disini timbullah rasa ingin mengetahui dan mendalami, sehingga dengan ini pastinya bila sobat mendalami sudah pasti sobat akan bisa dan mengerti.


  2. Mengetahui informasi baru

    Secara tidak langsung, ketika sobat rutin membuat dan update artikel mengenai niche yang sobat pilih, tentu akan semakin banyak informasi baru yang sobat terima.

    Dengan membuat konten baru, pastinya sobat akan mencari referensi / sumber di blog-blog lain terlebih dahulu untuk dijadikan bahan rujukan.

    Nah, pada saat inilah manfaat blogging akan sobat rasakan. Dengan menambah pengetahuan lebih untuk mencari informasi yang valid yang akan digunakan untuk dijadikan rujukan, maka sebelumnya sobat harus melakukan analisis terlebih dahulu.

    Untuk membuat suatu artikel, biasanya sobat harus memilih tema konten yang saat ini memiliki jumlah pencarian yang banyak di mesin telusur seperti google, bing, yahoo dll atau yang biasa disebut " Artikel Viral ", sehingga akan memperbanyak viewers blog sobat.

    Jadi intinya, dengan ngeblog pastinya sobat akan mengetahui info-info terhangat yang saat ini sedang banyak dibicarakan baik itu di sosial media ataupun sebagainya.

    Belum lagi jika sobat ikut dalam suatu komunitas / grup. Pastinya akan ada saja info terbaru yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sobat. sehingga hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai ide konten yang akan sobat buat.
  3. Mengasah kemampuan menulis dan kreativitas

    Blogging tidaklah hanya sekadar menulis kata demi kata dan kemudian di publish begitu saja, akan tetapi didalam proses mulai dari memikirkan ide sampai dengan mulai mencari keyword dan kalimat yang menarik, hal ini juga akan mengasah kemampuan sobat dalam hal menulis.

    Tentunya sobat juga pasti sering membaca blog orang lain untuk mencari ide referensi. Nah, di saat ini pula sobat akan mengamati mulai dari bagaimana gaya penulisan, ciri dari artikel tersebut, dan keunikan yang dimiliki blogger tersebut sehingga pengunjung mau membacanya.

    Semakin lama sobat menulis, maka menulis pun tidak akan sesulit saat awal-awal sobat membuat blog. Dengan selalu rutin membuat artikel pada blog, maka semakin terasah pula skill menulis sobat.

    Hal inilah yang menjadi jawaban, kenapa banyak orang-orang diluar sana yang berminat terjun dan mendalami dunia blogging.
  4. Banyak kenalan di sosial media

    Biasanya para blogger akan ikut serta dalam sebuah komunitas diskusi mengenai seputar blog. Bahkan tak tanggung-tanggung. Jumlah anggota grubnya bisa mencapai ribuan bahkan lebih.

    Nah, keuntungan inilah yang bisa sobat manfaatkan untuk promo blog sekaligus menggali ilmu dari hasil sharing para blogger-blogger top baik blogger yang sudah berpengalaman maupun blogger-blogger pemula.

    Jika kualitas blog sobat di atas rata-rata, maka bisa saja blog sobat akan menjadi tutor bagi para blogger lain dan menjadi rujukan ilmu bagi blogger lain tersebut. Apalagi dengan banyaknya member yang ada di grub tersebut sehingga membuat kenalan sobat semakin bertambah banyak. Namun terlepas dari itu semua, Sobat juga bisa berpeluang untuk menjadi blogger terkenal.
  5. Memupuk jiwa pebisnis yang ulet

    Apakah sobat percaya dengan manfaat dari ngeblog yang satu ini? Seharusnya sih iya. Kebanyakan para blogger akan memonetisasi blognya dengan berbagai cara. Entah itu dengan menjadi publisher iklan ataupun dengan menjual produknya sendiri.

    Google adsense adalah salah satu dari contoh layanan favorit bagi para blogger untuk menghasilkan uang melalui blognya.

    Tapi.. jangan salah, ngeblog itu sebenarnya tidak sesulit seperti yang sobat bayangkan kok. Memang awalnya sobat akan dihadapi oleh rasa malas ataupun bosan untuk update dan menulis artikel.

    Akan tetapi, lama kelamaan pasti sobat akan terbiasa oleh itu. Belum lagi jika sobat termotivasi untuk mendapatkan penghasilan dari adsense.

    Tanpa disadari dengan ngeblog keuletan sobat disini akan diuji seberapa keras kah sobat berjuang.

Kesimpulan :

Gimana menurut sobat setelah membaca artikel ini ? Ternyata ada banyak juga kan manfaat dari ngeblog yang mungkin selama ini sobat tidak menyadarinya.

Mungkin karena sobat terlalu keasikan ngeblog sehingga sobat tidak terlalu memikirkan hal-hal kecil seperti ini. Sekian untuk artikel kali ini, semoga sobat terus berkarya dan juga selalu konsisten. Dan jangan lupa Terus Semangat.

2 komentar