Jumat, 11 Agustus 2017

Pengertian dan Fungsi VPN Pada Jaringan Internet

Anggi Khalid : Pengertian dan Fungsi VPN Pada Jaringan Internet - Selamat siang sobat.. pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai VPN ( Virtual Private Network ). disini saya akan mengulas mulai dari penjelasan VPN dan fungsi VPN. Penasaran gimana ? oke langsung saja kita mulai.

Pengertian dan Fungsi VPN Pada Jaringan Internet


VPN adalah salah satu dari fitur yang dimiliki oleh setiap komputer. baik itu pada PC maupun pada Smartphone yang berhubungan dengan keamanan dalam setiap mengakses data dan informasi melalui jaringan internet.

Seperti dari kepanjangannya, Virtual Private Network. Yang dimaksud disini adalah setiap user yang nantinya akan memiliki sebuah jaringan pribadi ( Private ) tersendiri yang digunakan untuk mengakses internet.

Berarti, VPN dapat diartikan sebagai sebuah fitur pada suatu Komputer yang memungkinkan sobat untuk melakukan akses internet secara Private ( Pribadi ) sehingga hal ini membuat sobat menjadi lebih aman saat menjelajah internet, tidak seperti saat sobat menjelajah internet menggunakan jaringan Public. Yang mana akan rentan terhadap hal-hal yang tidak di inginkan.

Prinsip dan Cara Kerja VPN

Sebelum sobat menggunakan VPN, alangkah baiknya jika sobat memahami cara kerjanya terlebih dahulu dari fitur VPN ( Virtual Private Network ) ini.

Pada dasarnya VPN bekerja dengan cara melakukan Forwading pada lalu lintas data yang ada didalam jaringan internet.

Jadi, ketika sobat menghubungkan Komputer ke internet, maka semua data pada internet akan dapat diakses dengan mudah. Misalnya seperti situs yang diblokir dll, maka dengan menggunakan VPN ini sobat akan dapat mengaksesnya.

Dengan menggunakan VPN ini, maka sobat nantinya akan melakukan koneksi ke internet mirip seperti saat sobat menggunakan jaringan lokal pribadi, sehingga Browsing akan menjadi lebih aman dan juga sobat bisa mengakses banyak situs dari internet.

Fungsi VPN

Setelah sobat mengerti apa itu VPN ( Virtual Private Network ), maka sekarang kita akan membahas apa saja fungsi penting dari fitur VPN ini yang terdapat pada komputer sobat.

VPN adalah salah satu komponen yang erat kaitannya dengan ISP ( Internet Service Provider ), Berikut adalah beberapa fungsi penting dari fitur VPN ( Priavat Virtual Network ), yaitu :

  1. Mengamankan transaksi ketika sedang terkoneksi dengan jaringan internet
    Jika sobat adalah seorang pebisnis yang sering melakukan transaksi senilai jutaan bahkan miliaran tiap harinya melalui baik itu e-banking, situs forex ataupun juga saham online lainnya, Jika iya, maka VPN adalah fitur yang wajib untuk digunakan, apalagi ketika sobat sedang berada diluar kota dan kemudian menggunakan akses internet public, seperti wifi dan juga warnet maka akan lebih beresiko terhadap pencurian data.

    Pencurian data akan lebih mudah dilakukan apabila sobat sering menggunakan sumber internet yang sifatnya public bukan Private.

    Untuk menghindari terjadinya hal ini, maka sobat wajib menggunakan VPN untuk melakukan segala bentuk transaksi yang menggunakan internet. Jangan sampai nomor kartu kredit sobat dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
     
  2. Dapat menutupi aktivitas browsing yang anda lakukan
    Apakah sobat membutuhkan Privacy pada saat melakukan browsing pada konten yang sangat penting ? sehingga sobat tidak ingin ada orang lain yang mengetahuinya?

    kalau iya, maka disinilah funsi VPN. Disini, VPN dapat membantu sobat untuk menutupi dan menyembunyikan segala aktivitas internet yang sobat lakukan. Jadi, semua history Browsing sobat tidak akan terdeteksi oleh orang lain, sehingga sobat tidak perlu lagi khawatir.

  3. Dapat mengakses website yang diblokir oleh host ataupun ISP
    Apakah sobat Pernah mengalami saat dimana situs favorit sobat diblokir oleh ISP ataupun host, misalnya seperti kantor mauupun Negara? Contohnya saja seperti facebook yang mana diblokir dibeberapa Negara ?

    Nah, agar sobat dapat mengatasi hal ini, maka sobat juga bisa menggunakan VPN ini untuk membantu sobat agar tetap bisa mengakses situs yang sudah diblokir sebelumnya tersebut.

  4. Mengakses konten dari situs yang mengalami sensor 
    Beberapa konten di internet umumnya juga terkadang ada yang mengalami penyensoran. hal ini karena ada beberapa alasan tertentu.

    Biasanya yang melakukan penyensoran ini adalah dari pihak host dan juga ISP ( Internet Service Provider ). Namun bagi sobat yang mungkin masih bandel dan ingin tetap mengakses situs yang memiliki konten yang diblokir tersebut, maka sobat bisa mencoba dengan menggunakan VPN ini. Sehingga sobat dapat melakukan browsing dan masuk ke dalam situs yang memiliki konten yang disensor tersebut. Namun hal ini tidak akan bisa dilakukan juki sobat menggunakan jaringa Public ( Jaringan Internet Biasa ).

  5. Meningkatkan kecepatan download file dari internet
    VPN ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan speed / kecepatan internet sobat. Salah satu contohnya adalah dalam hal melakukan proses downloading baik itu file, video dll yang ada di internet.

    Beberapa file yang ada di internet terkadang juga memiliki ukuran yang sangat besar. Dan untuk mengatasi hal ini, maka sobat bisa menggunakan VPN agar membantu meningkatkan kecepatan download

    Hal ini dikarenakan ketika sobat menggunakan VPN, maka sobat menggunakan jaringan Private dimana hanya sedikit User lainnya yang juga menggunakan jaringan ini, sehingga kecepatan downlaoding nya juga akan bertambah. Terlebih lagi jika sambungan internet yang dipakai menggunakan kabel FO ( Fiber Optik ),


Kesimpulan

Dari beberapa fungsi pada VPN yang sudah disebutkan diatas, maka dapat diambil kesimpulan, bahwa Manfaat utama dari penggunaan VPN adalah dari segi faktor keamanan saat berinternet. Sehingga user yang menggunkan VPN ini akan merasa aman dan tidak akan khawatir lagi terhadap pencurian data dll.

Gimana pendapat sobat mengenai artikel Fungsi dari VPN ini ? mungkin sekian dulu untuk artikel kali ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan semoga artikel diatas bermanfaat bagi sobat yang baru mengenal VPN.

8 komentar

  1. Thanks atas infonya
    Saya lebih mengenal vpn secara mendalam dan juga mengenal fungsi dari vpn tersebut

    BalasHapus
  2. Mantap gan, thanks untuk sharingnya, sangat bermanfaat bagi saya yg baru tahu....

    BalasHapus
  3. ooh begitu. baru tahu aku malah. thanks infonya. keep blogging

    BalasHapus
  4. Makasih infonya,, tambah pengetahuan tentang VPN

    BalasHapus
  5. Sangat jelas penjelasannya tentang fungsi dan pengertian VPN . Thanks.

    BalasHapus
  6. wow lengkap banget gan. makasih..

    BalasHapus