Selasa, 18 April 2017

Cara Mengatur Jadwal Shutdown Pada Laptop

Anggi Abdul Khalid - Setelah sebelumnya membahas Cara mengatasi Contact Form yang tidak berfungsi, kali ini saya akan memberikan sebuah tips lagi yang mungkin bermanfaat bagi sobat. Yaitu mengenai cara mengatur jadwal shutdown baik itu pada laptop maupun komputer.

Cara Mengatur Jadwal Shutdown Pada Laptop

Pastinya sobat sudah tahu apa fungsi dan maanfaat bila kita bisa menjadwalkan shutdown pada laptop / komputer kita. sebagai contoh, misalkan kita ingin tidur sambil mendengarkan music, tapi jika kita sudah benaran tertidur, maka laptop / komputer tersebut terus menyala sampai pagi, atau mungkin akan mati dengan sendirinya bagi laptop dikarenakan kehabisan baterai. Jika sobat sering malakukan hal ini, besar kemungkin hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada laptop sobat. terutama pada baterai laptop.

Nah, oleh karena itu, disinilah fungsi dari mengatur jadwal shutdown tersebut,  jika kita ingin tidur sambil mendengarkan music, maka kita bisa menjadwalkan laptop / komputer kita untuk shutdown dengan waktu yang kita inginkan, misal nya 10 menit, 30 menit, dan seterusnya. Jadi tidak akan pernah ada lagi laptop / komputer menyala sampai pagi.

Untuk menjadwalkan shutdown ini, kita sama tidak diharuskan mendownload aplikasi apapun. Karena disini kita akan menggunakan aplikasi bawaan dari windows tersebut yang bernama Command Promt atau yang biasa disebut dengan CMD.  Oke langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mengatur Jadwal Shutdown Pada Laptop


  • Pertama, silahkan sobat buka CMD nya, bisa melalui menu start ataupun dengan menekan tombol ( fn + r ) pada keyboard sobat dan lalu ketikan cmd dan Enter.
  • Setelah CMD terbuka, silahkan ketikan shutdown -s -t 1000 pada CMD dan tekan Enter.

Keterangan :

  • Shutdown -s  :  Adalah perintah untuk mematikan komputer / laptop
  • -t 1000          :  Adalah perintah untuk menjadwalkan waktu, pada angka 1000, silahkan sobat ganti sesuai kebutuhan.

Pada waktu, disini ditulis dalam detik, misalkan sobat ingin mengatur jadwal shutdown menjadi 1 menit, maka ganti angka 1000 diatas menjadi 60 ( karena 1 menit = 60 detik ) jadi silahkan sobat atur sendiri.

1   menit  =  60
30 menit  = 1800
60 menit  = 3600
dan seterusnya !!


Gimana, mudah bukan ? oke, mungkin itu saja pembahasan mengenai Cara mengatur shutdown pada laptop. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat. sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

1 komentar