Jumat, 07 Juli 2017

Cara Mudah Screenshot di Komputer

Anggi Abdul Khalid - Hai, apa kabar sobat ? pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tips lagi nih, yaitu Cara Mengambil Screenshot di Komputer. Tips kali ini disini kita tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun, yaitu hanya dengan menggunakan fitur dan aplikasi yang memang sudah bawaan dari Microsoft Windows sendiri. Untuk caranya sendiri ada 2 macam, yaitu dengan menggunakan Tombol Print Screen pada keyboard sobat dan cara yang satu lagi yaitu dengan menggunakan Aplikasi bawaan Microsoft Windows yang bernama Snipping Tool.


Cara Screenshot di Komputer

Cara Screenshot Menggunakan Print Screen

Pada semua sistem operasi Windows, tombol perintah yang berguna untuk mengambil screenshot biasanya berada tepat di sudut kanan keyboard sobat dan ditulis dengan beberapa variasi nama yang tidak lain seperti kata Print Screen

Cara Screenshot di Komputer

Untuk cara menggunakannya sendiri sobat bisa memulai dengan cara menekan tombol ini sekali, dan setelah itu maka layar sobat akan menampilkan gambar atau dokumen yang sobat inginkan untuk di screenshot.

Untuk beberapa jenis komputer / laptop, ada juga yang tidak bisa bila hanya menekan tombol Prt Sc saja, namun harus menekan tombol Windows + Prt  Sc agar berfungsi

Kemudian, silahkan sobat buka Aplikasi Editor grafis (misalnya seperti Paint, Ms. Word) dan setelah itu, silahkan pastekan dengan cara menekan Ctrl + V. hal ini bertujuan untuk menyalin gambar yang tadi di Screenshot ke program editor grafis yang telah sobat buka. Bila sudah, maka sekarang sobat sudah bisa mengedit gambar tersebut sesuai dengan keinginan atau hanya menyimpannya saja. 

Jika sobat hanya menekan tombol "Prt Sc" saja, maka secara otomatis program akan menangkap keseluruhan gambar yang tampil pada layar desktop / monitor sobat, namun bila sobat menekan tombol "Alt " + " Prt Sc ", maka cara ini hanya akan mengambil screenshot dari program Windows yang sedang aktif / berjalan yang sedang berada di paling atas.


Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Selain menggunakan cara diatas, Pada sistem operasi Windows juga menyediakan sebuah program bawaan dengan fungsi yang serupa namun memiliki perbedaan dalam beberapa fitur untuk melakukan screenshot. Program tersebut bernama Snipping Tool (Program ini hanya ada pada sistem operasi Windows 7 ke atas) Walaupun demikian, program ini tidak tersedia pada sistem operasi Windows 7 Home Basic.

Langkahnya : 

  1. Silahkan sobat buka program / aplikasi Snipping Tool nya melalui menu Start (klik menu start) dan kemudian ketikkan " Snipping Tool " (tanpa tanda kutip).

    Cara Screenshot di Komputer
  2. Kemudian, Pilih tipe Snip yang sobat inginkan. disini, sobat dapat memilih Free-form, Rectangular, Windows dan Full-screen (Sobat bisa bereksperimen dengan mencobanya satu per satu untuk mengetahui dimana perbedaannya) dengan memilih tanda panah kecil di sebelah " New " dan bila sudah silahkan sobat klik New.

    Cara Screenshot di Komputer
  3. Setelah itu, pilih area yang ingin sobat capture. Dengan cara tekan dan tahan sambil gerakkan mouse atau jari sobat pada trackpad untuk memperoleh hasil yang sobat inginkan. Setelah itu editor screenshot akan muncul secara otomatis dan sobat bisa melakukan edit atau langsung menyimpannya.

Sebenarnya terdapat ada banyak program screenshot lainnya yang dapat sobat download. Tapi jika sobat sudah terbiasa dengan cara seperti cara di atas, rasanya tidak perlu lagi sobat mengunduh program apa pun bukan? Mungkin sekian untuk tips info kali ini, semoga bermanfaat. sampai jumpa pada artikel selanjutnya.